Begini Hukumnya Memberi Nama Untuk Hewan Dalam Islam

hukum-islam-tentang-memberi-nama-hewan-peliharaan
Semua orang pastinya ingin memberi nama pada hewan piaraan kesayangan miliknya. Dari nama yang unik, lucu, dan aneh, memberi nama hewan peliharaan memang bermanfaat untuk memanggil hewan tersebut dan membedakannya dengan hewan lainnya.

Selain itu, memberi nama pada hewan piaraan juga membuat orang lain lebih mudah untuk mengenalinya. Pemberian nama juga memberi penghargaan pada hewan yang dapat menjadi kenangan yang memiliki nilai psikogis dan nilai historis.

Hewan yang paling sering diberi nama, terutama masyarakat kita Indonesia adalah untuk kucing dan burung. Hal itu di lakukan untuk lebih menyayangi dan kedekatan dengan piaraan.

Lalu apakah islam membolehkan kita memberi nama pada hewan piaraan?

Dilansir dari www.curhatmuslimah.com (10/12/2017), Berdasarkan hadits-hadits yang ada, para ulama’ mengambil dalil kebolehan memberikan nama pada hewan, sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Al-Muhallab, Imam Al-Baghowi dan Imam Al-Munawi.

Bahkan nabi Muhammad SAW sendiri memiliki unta yang juga diberi nama sebagaimana hadis yang artinya.

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memiliki unta yang dinamakan dengan Al ‘Adhbaa‘” (Shahih Bukhari, no.2872)

Selain unta, Rasul juga memiliki kuda bernama Al Luhaif.

Kesimpulannya, memberikan nama untuk hewan itu hukumnya boleh, namun hendaknya tidak menggunakan nama-nama yang dimuliakan dalam agama Islam, seperti nama-nama Allah, nama-nama para Nabi dan yang lainnya yang bertujuan mengolok-olok.

Dosen Asal Sigli Meninggal di Pesawat Garuda Indonesia, Diduga Ini Penyebabnya

Sebuah kejadian mengejutkan terjadi didalam pesawat Garuda Indonesia pada hari Rabu (19/9/2018) sekira pukul 10.30 WIB kemarin. Seorang...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel