Agar Tidak Bau Mulut Ketika Berpuasa, Jangan Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur


Bulan suci Ramadhan telah tiba, dan sudah menjadi kewajiban setiap umat muslim untuk melaksanakannya. Berpuasa selama sebulan penuh terkadang memang membuat kita susah dan bingung untuk menentukan makanan dan minuman seperti apa yang seharusnya dikonsumsi.

Seperti dikutip dari Kompas.com (17/05/2018), Spesialis gizi klinik, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK menyebutkan beberapa makanan dan minuman yang haruslah dibatasi saat makan sahur agar kesehatan kita saat berpuasa tidak terganggu adalah makanan yang terlalu manis juga gorengan.

"Untuk menghindari keluhan, hindari yang digoreng kalau sahur. Karena gorengan atau minyak akan memperlambat pengosongan lambung. Akibatnya asam lambung akan naik jadi rasanya kayak panas di tenggorokan," ujar Jovita.

Ia juga menyarankan agar mengutamakan makanan yang bergizi seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein dan lemak baik sehingga bisa membantu tubuh kita untuk menahan rasa lapar.

Makanan seperti gorengan, ubi, sawi, dan kol juga harus dihindari terutama saat sahur karena mengkonsumsi makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan gas di perut dan menyebabkan bau mulut.

Selain makanan, konsumsi  minuman seperti kopi dan minuman berkarbonasi juga tidak dianjurkan saat sahur karena kandungan kafein dalam minuman tersebut bisa meningkatkan asam lambung.

"Kafein mungkin bisa diminum pada saat setelah makan buka puasa. Itu pun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Konsumsi susu lebih dianjurkan, terlebih ketika sahur " ucap Jovita.

Dosen Asal Sigli Meninggal di Pesawat Garuda Indonesia, Diduga Ini Penyebabnya

Sebuah kejadian mengejutkan terjadi didalam pesawat Garuda Indonesia pada hari Rabu (19/9/2018) sekira pukul 10.30 WIB kemarin. Seorang...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel