7 Fakta Unik dan Menarik Piala Dunia 2018, Apa Saja? Baca Disini! - DUNIA BINTANG

DUNIA BINTANG

kabar dan hiburan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, 24 June 2018

7 Fakta Unik dan Menarik Piala Dunia 2018, Apa Saja? Baca Disini!

Sebanyak 32 negara sedang memperebutkan trofi paling bergengsi di dunia dalam kompetisi yang digelar empat tahunan yaitu piala dunia.

Puluhan juta pasang mata para penikmat olahraga sepakbola sedang tertuju pada gelaran Piala dunia 2018.

Namun ada sesuatu yang harusnya anda tahu mengenai piala sepakbola yang digelar tahun ini.

Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik tentang piala dunia tahun 2018.

1.Piala dunia 2018 berlangsung di dua benua
Rusia merupakan Negara yang terbesar di dunia dimana sekitar 25 persen bagian dari Negara tersebut berada di benua Eropa sedangkan 75 persennya lagi masuk wilayah benua Asia.

Pertandingan piala dunia dihelat di 12 stadion di 11 kota yang tersebar di Negara ini. Jarak antara kota paling timur yaitu Ekaterinbug dan kota paling barat Kaliningrad adalah sejauh 2.415 km.

2.Harga tiket Piala Dunia 2018 cukup mahal
Dirilis sejak bulan Juli 2016, harga tiket dijual cukup mahal bagi penonton diluar Negara Rusia.

Harga tiket termurah yang dijual untuk turis saat babak penyisihan adalah sebesar US$165 atau setara dengan Rp2,3 juta, sedangkan untuk penduduk Rusia, mereka bisa mendapatkan tiket tersebut dengan harga US$20 atau hanya sekitar Rp281 ribu.

Sementara itu, untuk harga tiket saat pertandingan final adalah sebesar US$710 atau sebanding dengan Rp10 juta untuk penonton luar Rusia, sedangkan warga Negara tuan rumah piala dunia 2018 itu bisa mendapatkan tiket dengan harga US$109, yaitu sekira Rp1,5 juta.

3.Negara Pakistan ikut dalam Piala Dunia
Meskipun bukan sebagai peserta piala dunia, tapi Pakistan adalah Negara yang menjadi pembuat bola untuk piala dunia sejak Piala Dunia 1982. Bahkan, hampir setengah dari keseluruhan bola piala dunia dibuat oleh Pakistan.

4.Jumlah hadiah untuk pemenang Piala Dunia 2018
Negara yang menjadi pemenang piala dunia 2018 akan mendapatkan hadiah berupa uang senilai US$35 juta atau Rp494 miliar. Sedangkan untuk juara kedua akan diberikan hadiah sejumlah US$25 juta atau sekitar Rp352 miliar.

5. Jersey Tsubasa
Pada piala dunia 2018 ini, pemain dari Negara jepang merilis jersey yang terinspirasi dari tokoh animanga Captain Tsubasa.

Jersey yang merupakan karya dari seniman La Casaca itu diharapkan bisa menginspirasi para pemain tim berjuluk Samurai Biru tersebut.

Namun sayangnya, jersey Tsubasa tidak bisa dipakai oleh tim Jepang pada Piala Dunia 2018 karena terbentur dengan peraturan ketat Federation of International Football Association (FIFA).

6. Stadion Unik 
12 stadion di Rusia yang digunakan untuk perhelatan 64 pertandingan piala dunia 2018 adalah Stadion Ekaterinburg, Volgograd Arena Luzhniki, Nizhny Novgorod, Kazan Arena, Spartak, Fisht, Samara, Saint Petersburg, , Mordovia, Rostov, dan Kaliningrad.

Laga pembukaan dan laga final Piala Dunia 2018 diselenggarakan di stadion yang sama yaitu Stadion Luzhniki. 

Stadion Ekaterinburg merupakan stadion yang cukup unik karena memiliki tribun tambahan sementara di luar stadion. 

Tak lupa, terdapat stadion yang merupakan area bekas pengembangan proyek luar angkasa Uni Soviet, Stadion Samara Arena.

7. Maskot Zabivaka
Pada Piala Dunia 2018, maskot bernama Zabivaka yang berarti 'Sang Pencetak Gol' dari bahasa Rusia pun hadir untuk meramaikan. 

Zabivaka digambarkan sebagai serigala sporty yang memakai kacamata. Penggunaan kacamata di sini juga memiliki makna bertambahnya tingkat akurasi di lapangan.

Maskot Zabivaka merupakan hasil kreasi siswa sekolah desain bernama Ekaterina Bochrova. Zabivaka memiliki filosofi yang memesona, yaitu percaya diri dan punya rasa sosial. 

Dalam laman resmi FIFA, Zabivaka adalah pemain sepakbola termuda dalam timnya. Zabivaka cepat, berani, berteknik, dan berkontribusi pada kemenangan tim.

Minyak Ambergris, Parfum dari Muntahan Paus yang Sudah Dikenal Sejak Zaman Rasulullah

Sejak jaman dahulu muntahan paus atau ambergris sudah dikenal dan menjadi barang dagangan di Benua Afrika sejak 1000 tahun sebelum m...

Post Bottom Ad