Wow Hebat! Olah Tinja Jadi Air Minum, Dua Pemuda Asal Sumatera Barat Ciptakan Teknologi Tepat Guna - DUNIA BINTANG

DUNIA BINTANG

kabar dan hiburan

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Thursday, 24 May 2018

Wow Hebat! Olah Tinja Jadi Air Minum, Dua Pemuda Asal Sumatera Barat Ciptakan Teknologi Tepat Guna

Adalah Andri dan Chairunnas, dua pemuda asal Sumatera Barat mampu menciptakan suatu teknologi yang sangat inovatif. Mereka menciptakan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL)yang dinamai PAL-Adrich Tech System.

Yang menarik dari alat ini adalah mampu mengolah limbah tinja menjadi air minum. Bahkan Wagub Jakarta memuji hasil inovasi kedua putra Indonesia itu karena alat IPAL PAL Adrich Tech System ini belum ada di dunia.

Seperti dikutip dari wartakota.tribunnews.com, Rabu (23/05/18), Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, saat meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PAL-Adrich Tech System mengaku terharu dengan teknologi inovatif dan tepat guna tersebut.

 "Hari ini saya terharu, kalau kita dengar Adrich. Wah Adrich ini kayaknya Jerman atau Austria gitu ya. Tahu-tahunya itu Andri dan Chairunnas dua putra dari Sumatera Barat kebanggaannya kita semua. Ternyata, bisa menciptakan suatu teknologi yang sangat inovatif dan tepat guna," kata Sandi di sambutannya di lokasi Intalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT), RT 05/02, di Jalan Router Ring Road Lingkar Luar, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat

Mengenai pengolahannya, Sandi menyebutkan cara pengolahannya adalah dengan menggunakan sebuah tanki besar sebagai alat untuk menampung dan menyaring air dari lumpur.  Kemudian air dialirkan ke mesin Andrich yang diletakkan dalam sebuah kontainer yang terdapat alat untuk treatment air dengan ultra filtrasi. Air kemudian dikeluarkan lewat pipa.

Air  tinja yang mulanya berwarna cokelat kehitaman, saat dikeluarkan menjadi berwarna putih. Alat itu sangat simple dan mudah untuk dioperasikan.

"Energinya (yang dihabiskan) tidak banyak. Pakai gelombang fisika. Investasinya juga tidak banyak. Dan operasionalnya sistemnya sangat simpel dan efisien," ujar Sandiaga.

Minyak Ambergris, Parfum dari Muntahan Paus yang Sudah Dikenal Sejak Zaman Rasulullah

Sejak jaman dahulu muntahan paus atau ambergris sudah dikenal dan menjadi barang dagangan di Benua Afrika sejak 1000 tahun sebelum m...

Post Bottom Ad